Online 2 Users
rss_feed

Desa Persiapan Pangkalan Lada

Jl Ahmad Yani KM 37 Pangkalan Lada
Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah
Kode Pos 74184

mail_outline desapangkalanlada@gmail.com

  • MOH. NOHTOHA, A.Md

    PJ. Kepala Desa

  • DIDIK AHMADI

    Sekretaris Desa

  • SUBANDI

    Kasi Pemerintahan

  • SURYANTA BUDI UTAMA

    KASI KESRA dan Pelayanan

  • EMI NURHAYATI

    Kaur Keuangan

  • ISTIQOMAH

    KAUR UMUM DAN PERENCANAAN

  • LILIK EKA WATI

    STAF DESA

  • RITA YANTI

    STAF DESA

settings Pengaturan Layar

fingerprint

232 views

Pengunjung Hari Ini

102.66 %
Kemarin 226 views

router OpenSID 22.01-premium-rev02

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Persiapan Pangkalan Lada

Selamat Datang di Website Sistem Informasi Desa Persiapan Pangkalan Lada Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat
fingerprint
SOSIALISASI PETANI KELAPA SAWIT BERKELANJUTAN DESA PERSIAPAN PANGKALAN LADA

22 Jun 2021 13:17:25 169 Kali

Berdasarkan data statistik pada tahun 2017 Indonesia memiliki luas lahan kelapa sawit yakni 12,32 juta Hektare (Ha) dan termasuk kedalam 10 negara penghasil sawit terbesar di dunia berdasarkan data United States Department of Agriculture (USDA). Salah satu wilayah di Indonesia yakni Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dan memiliki kontribusi besar terhadap pembangunan nasional dan daerah melalui pengelolaan komoditas kelapa sawit. Berdasarkan Data Statistik Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 tercatat luas areal perkebunan di Kalimantan Tengah mencapai 2.049.790 hektare (Ha). Namun demikian, perdebatan atau bahkan citra negatif tentang perkebunan kelapa sawit saat ini sudah sangat melekat erat di tengah masyarakat terutama di daerah-daerah yang memiliki perkebunan kelapa sawit seperti daerah Sumatera Utara, Riau, bahkan Kalimantan.

Upaya pemerintah dalam mengupayakan peningkatan daya saing industri kelapa sawit Indonesia di pasar dunia, salah satunya dengan memberlakukan kebijakan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Selain itu, ada pula Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan. Selain untuk legalitas, RSPO juga memberi keyakinan pada pasar akan kelapa sawit yang ramah lingkungan. Secara umum, ISPO dan RSPO memiliki tujuan yang sama dalam mendukung industri minyak kelapa sawit yang berkelanjutan. Namun, secara tekstual, ISPO tidak memiliki beberapa hal yang dimiliki RSPO yakni seperti tanggung jawab lingkungan dan konservasi sumber daya dan keanekaragaman hayati, tanggung jawab atas individu, serta komunitas yang terpengaruh oleh kegiatan pengusaha perkebunan dan pabrik minyak sawit, serta pengembangan penanaman baru yang bertanggung jawab.

ISPO atau Indonesian Sustainable Palm Oil adalah inisiatif pemerintah sebagai bentuk komitmen terhadap seluruh stakeholder perkebunan kelapa sawit, baik yang berasal dari pemerintah sendiri atau pelaku usaha dari sektor korporasi dan petani hingga industri produk turunan kelapa sawit. Untuk mengembangkan sertifikasi berkelanjutan ini sektor pemerintah daerah, petani swadaya serta LSM di Kabupaten Kotawaringin Barat kini siap mengadopsi pendekatan jurisdiksi dalam mencapai keberlanjutan bagi kelapa sawitnya.

Di wilayah kotawaringin barat khususnya di Kecamatan Pangkalan Lada, menjadi salah satu wilayah yang mengawali program ISPO dan RSPO ini, dimulai dari Desa Pangkalan Tiga, saat ini sertifikasi berkelanjutan telah beralih ke wilayah Desa Persiapan Pangkalan Lada. Sebagai desa baru yang masih mempersiapkan diri untuk menjadi desa difinitif, dengan adanya program ini tentu akan sangat membantu dalam produksi petani kelapa sawit di wilayah tersebut. Antusiasme masyarakat dalam membantu berkembangnya program ini telah membuktikan bahwa program ISPO dan RSPO dapat mendukung serta menghindarkan anggapan negatif mengenai kelapa sawit selama ini, karena program ini selain membantu dalam proses sertifikasi juga banyak kelebihan lainnya seperti dalam proses perawatan kelapa sawit yang ramah lingkungan dan mampu menghasilkan buah yang produktif dan maksimal sehingga mampu merawat pertumbuhan kelapa sawit dengan baik.

Untuk melakukan pendekatan dan pengenalan terhadap para petani kelapa sawit, pemerintah desa persiapan pangkalan lada telah melakukan sosialisasi ke setiap RT secara bertahap, hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan dan menjelaskan manfaat dan keuntungan apa saja yang dapat diperoleh bagi para petani kelapa sawit jika bergabung dengan program ISPO dan RSPO ini.

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat
Jumat, 21 Januari 2022

folder Arsip Artikel


assessment Statistik Desa

event Agenda


  • Belum ada agenda

share Sinergi Program

insert_photo Album Galeri

message Komentar Terkini

  • person bangun adi

    date_range 27 Oktober 2021 21:09:45

    mantap... lanjutkan.. [...]
  • person Bambang

    date_range 28 Maret 2021 11:35:53

    Lanjutkan. [...]

account_circle Aparatur Desa

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jl Ahmad Yani KM 37 Pangkalan Lada
Desa : Persiapan Pangkalan Lada
Kecamatan : Pangkalan Lada
Kabupaten : Kotawaringin Barat
Kodepos : 74184
Telepon :
Email : desapangkalanlada@gmail.com

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:232
Kemarin:226
Total Pengunjung:67.855
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:54.80.249.22
Browser:Tidak ditemukan